Sabtu, 31 Oktober 2015

Cara Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi

Cara Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi - Merawat Buah dan Sayur perlu dipahami agar kualitasnya tidak menurun. Selama ini Kulkas menjadi tempat andalan menyimpan bahan pangan termasuk Buah dan Sayur karena kesegarannya akan lebih terjaga. Namun tahukah anda bahwa kulkas juga bisa menjadi media penularan kuman sehingga memicu keracunan makanan.

Bakteri dan Kuman berasal dari tumpahan cairan atau dari bahan makanan, termasuk makanan yang sudah dicuci sebelum disimpan. Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa bakteri yang ternyata bisa hidup sampai seminggu di dalam kulkas. Dan mencuci sayuran dan buah beberapa detik di bawah air mengalir tidak cukup untuk menyingkirkan debu, bakteri, kuman, atau pestisida di dalamnya.
Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi

Cara Menangani Buah dan Sayur sebelum dikonsumsi

Dibawah ini kami akan memberikan Cara Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi yang baik dan benar:

  1. Cara menyimpan buah dan sayuran di dalam kulkas yang benar adalah tetap berada di dalam plastik dibandingkan meletakannya langsung di dalam kulkas. Namun, plastik yang digunakan sebaiknya agak longgarkan sedikit, agar kelembaban dikurangi dan pertumbuhan jamur tidak terjadi.
  2. Cara membilas buah dan sayuran yang baru dikeluarkan dari kulkas adalah dengan mencuci setiap jenis Buah-Buahan dan Sayur dengan air mengalir. Air keran tanpa sabun sebenarnya sudah cukup bersih untuk membersihkan dengan catatan pembersihan dilakukan selama 30-60 detik.
  3. Cara menggosok, cukup dengan menggunakan tangan secara perlahan agar kuman dan bakteri mudah dihilangkan. Untuk buah dan sayuran dengan tekstur keras dan mempunyai delah kecil seperti brokoli atau bunga kol, Anda bisa menggunakan sikat khusus buah-buahan atau sikat gigi yang bersih. Buah-buahan seperti jeruk, melon, atau semangka, sebaiknya juga dicuci terlebih dahulu setelah dikupas, karena pisau yang anda gunakan bisa saja membawa bakteri.
  4. Selain mencuci, ada beberapa jenis sayuran berdaun hijau seperti daun singkong, Sayur Bayam, atau selada yang sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum di bilas dengan air mengalir. Hal ini dimaksudkan agar pembersihan sayuran lebih maksimal
Demikian Artikel ini kami buat, nantikan artikel kesehatan kami berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar